Wednesday, July 27, 2011

PLUMBING

Air panas solar adalah air yang dipanaskan dengan memanfaatkan energi sinar matahari.

Sistem pemanasan surya pada umumnya terdiri dari sekumpulan kolektor panas matahari, satu sistem fluida untuk memindahkan panas dari kolektor tersebut ke titik-titik penggunaannya. Sistem ini dapat menggunakan tenaga listrik untuk memompakan fluidanya, dan memiliki sebuah reservoir atau tangki untuk menyimpan panasnya dan untuk penggunaan-penggunaan selanjutnya. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk memanaskan air bagi berbagai penggunaannya, termasuk penggunaan di rumah tangga, di dunia bisnis dan di dunia industri. Sebagai contohnya: pemanasan kolam renang, pemanasan bawah lantai atau sebagai input energi untuk pemanasan dan pendinginan ruangan.
Sejarah Pemanas Air Surya

Kolektor panas berupa plat-plat datar untuk pemanasan air bertenaga surya sudah populer di Florida dan di Southern California sejak tahun 1920-an. Levi Yissar membuat prototipe pemanas air tenaga surya yang pertama buatan Israel dan pada tahun 1953 ia mendirikan NerYah Company, yang merupakan produsen pemanas air tenaga surya komersial Israel yang pertama. Meskipun sinar matahari di Israel tersedia secara berlimpah ruah, namun pada tahun 1967 alat ini hanya digunakan oleh 20% dari seluruh jumlah penduduk Israel.

Instalasi panas tenaga surya untuk perumahan dapat dibagi menjadi 2 (dua) jenis sistem: sistem kompak (compact) dan sistem berpompa. Secara tipikal, keduanya memiliki sumber energi pembantu (misalnya: elemen pemanas elektrik atau koneksi ke sebuah sistem pemanas sentral berbahan bakar gas atau minyak) yang diaktivasikan ketika air di dalam tangki berada di bawah tingkat temperatur yang telah ditetapkan, misalnya 50 °C. Oleh karena itu, air panas akan selalu tersedia secara terus-menerus. Kombinasi dari pemanasan air tenaga surya dengan penggunaan panas cadangan dari tungku berbahan bakar kayu untuk memanaskan air akan membuat sistem air panas seperti ini dapat bekerja sepanjang tahun pada cuaca dingin, tanpa membutuhkan tambahan panas dari sistem pemanas air bertenaga bahan bakar atau tenaga listrik.


Manfaat Pokok dari Pemanasan Air dengan Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya dapat berfungsi di semua jenis musim
• Saat ini, teknologi air panas surya sudah dapat dioperasikan secara sangat efektif dan secara ekonomis pula di semua jenis cuaca alam. Tentu saja, sistem pemanas air surya untuk suatu kondisi geografis dan kondisi cuaca yang spesifik, akan didesain secara spesifik pula.

Mengurangi biaya energi

• Dengan memasang sistem pemanas air tenaga surya, sebuah rumah tangga secara rata-rata akan mampu memenuhi 50% hingga 80% kebutuhan air panasnya. Bahkan di wilayah bercuaca tropis atau panas seperti di banyak wilayah di Indonesia, sebuah sistem pemanas air solar dapat memenuhi hampir 100% kebutuhan akan air panasnya.
Sebuah teknologi yang terbukti efektif

• Sebuah data, di Amerika Serikat saat ini telah terpasang lebih dari 300,000 pemanas air tenaga surya, di luar angka-angka yang tercatat untuk penggunaan pemanasan air kolam renang. Dan karena sistem pemanas air surya ini sudah nyata terbukti sangat efisien dan sangat handal, jumlah pemasangannya terus bertambah dengan ribuan unit setiap tahunnya!

Akrab dengan lingkungan

• Menurunnya permintaan atas bahan bakar fosil akan memperbaiki kondisi lingkungan, yaitu dengan menurunnya tingkat polusi udara maupun polusi air yang diakibatkan oleh pemrosesan energi dari bahan bakar fosil. Penggunaan energi terbarukan seperti tenaga sinar surya ini juga secara efektif mereduksi produksi gas panas terperangkap (heat-trapping gases) yang mengakibatkan efek pemanasan global. Dan, meski investasi awal pada saat instalasinya sedikit lebih besar, sebuah sistem pemanas air tenaga surya dalam jangka panjang akan menghemat biaya secara signifikan, karena sumber bahan bakarnya - yaitu energi sinar matahari - adalah selalu tersedia secara gratis.

Untung Rugi Memakai Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air dengan menggunakan tenaga matahari -atau lebih beken dengan sebutan solar water heater system belakangan banyak dibicarakan. Maklum, pemanas air yang satu ini memanfaatkan sumber energi dari alam yang tidak habis.
Bandingkan dengan pemanas air yang menggunakan tenaga listrik ataupun gas. Seperti kita ketahui, saat ini suplai listrik sangat terbatas. Apalagi, di beberapa daerah sedang mengalami krisis listrik. Selain itu, "Dari sisi ekonomis, listrik tiap tahun harganya naik, per tahun biayanya jadi makin tinggi saja," sebut Andi Darmawan, Supervisor Pemasaran PT Dinamika Inti Surya Cemerlang, distributor pemanas air bermerek Envirosun. Pemanas air tenaga surya juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan pemanas yang menggunakan tenaga gas. Harga gas pun mengalami kenaikan tiap tahunnya. Plus, "Sumber daya alamnya terbatas, sehingga tidak bisa dieksploitasi terus," imbuh Andi. Hanya saja, karena pemanas air ini perlu sinar matahari sebagai energinya, maka kemampuannya tergantung pada banyaknya sinar matahari. Jadi, kalau mendung, dayanya akan sedikit berkurang. Tapi, "Tetap tidak masalah, karena dia masih bisa menyerap sinar matahari, dan tetap bisa berfungsi," cetus Lien, pemilik Atmayudha, distributor pemanas air Wika.

Kekurangan pemanas air tenaga surya yang lain adalah tidak bisa ditaruh di sembarang tempat. Beda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga bisa ditaruh di dalam ruangan. "Misalnya, di dalam kamar mandi," terang Andi. Selain itu, yang masih menjadi pertimbangan orang untuk menggunakan pemanas air tenaga surya ini adalah masalah isi dompet. Maklum, "Harga pemanas air tenaga surya ini memang lumayan mahal," cetus Deded, Kordinator Pemasaran PT Nucifera Multi Mandiri, dealer PT Bernadi Utama, distributor pemanas air Solahart. Sebagai gambaran, pemanas air merek Solahart harganya berkisar antara Rp 15,5 juta sampai dengan Rp 34 juta. Solahart memiliki tiga tipe, yaitu Solahart tipe Freeheat, tipe L series, dan tipe Gold. Masingmasing tipe tersedia dalam 2 macam kapasitas, yaitu yang berkapasitas 180 liter dan 300 liter.
Sementara, produk pemanas air tenaga surya yang lain sedikit lebih murah dibandingkan dengan Solahart. Rata-rata, produk pemanas air tenaga surya seperti Wika dan Envirosun dilego mulai harga Rp 10 jutaan. Nah, terserah Anda mau pilih yang mana.
Penggunaan dari Air Panas Surya
Pemanas Air Monobloc

Sebuah pemanas air monobloc di Cirque de Mafate, La Réunion, Perancis
Air panas yang dipanaskan dengan sinar matahari dapat digunakan untuk:
• Air pemanas (misalnya untuk keperluan saniter seperti mandi, mencuci, dan sebagainya.)
• Membangkitkan listrik
Desain pemanas air tenaga surya untuk daerah beriklim panas sangat sederhana dan sangat murah sekali, serta dapat dianggap sebagai sebuah teknologi tepat guna bagi wilayah-wilayah seperti ini. Pasar dunia dari pemanas air solar didominasi oleh China, Eropa, Jepang dan India. Secara umum, sebuah pemanas air bertenaga listrik dengan kapasitas 50 gallon menggunakan 11.1 barrels minyak dalam satu tahunnya, sebuah konsumsi bahan bakar yang setara dengan kebutuhan bagi kendaraan sedan yang digunakan oleh masyarakat pada umumnya.
Perusahaan listrik negara sering menyediakan tenaga listrik dengan cara membakar dan membuang energi bahan bakar seperti minyak, batubara dan energi nuklir. Di satu sisi, sebuah pemanas air listrik residensial mudah dipakai akibat ketersediaan listrik ini, tetapi di sisi lainnya hal ini cenderung akan memacu penggunaan bahan bakar yang sama sekali tidak ramah lingkungan.
DELTA SUN PEMANAS AIR SOLAR
Memanfaatkan teknologi pemanas air tenaga matahari
Hasilkan pemanas air mandi ekonomis untuk rumah
Sebuah pemanas air tenaga surya yang sebenarnya
Teknologi pemanasan air dengan tenaga sinar surya - pemanas air tenaga matahari adalah sebuah teknologi yang prinsipnya sederhana, namun sangat handal serta efisien. Ia mengkonversikan energi sinar surya menjadi bentuk energi termal yang dibutuhkan oleh setiap rumah tangga maupun oleh sektor bisnis. Dan, dengan kerja keras dan dedikasi, Delta Sun® membawa teknologi (energi) terbarukan ini, renewable technology, ke dalam kehidupan nyata anda sehari-hari. Apakah akan digunakan sebagai pemanas air mandi atau untuk memenuhi kebutuhan air panas lainnya di rumah anda, pastikan bahwa anda memilih pemanas air solar Delta Sun

Pemanas Air Surya Kami - Sistem Pemanas Air Pasif
Selama beberapa tahun, pemanas air solar Delta Sun® telah memperoleh reputasi atas tingginya performasinya serta desainnya yang handal. Keduanya menjamin dicapainya sebuah sistem pemanas air yang bebas masalah (trouble-free maintenance) dan menghasilkan penghematan yang maksimum atas biaya energi yang harus anda keluarkan. Ini adalah sebuah metoda yang sangat sederhana, handal, serta sekaligus hemat biaya, semata-mata hanya dengan memanfaatkan secara maksimal energi sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan energi bagi rumah tangga dan bisnis.
Pemanas air tenaga surya Delta Sun® menyediakan rata-rata 80-90% dari kebutuhan pemanasan air di rumah tangga setiap tahunnya. Dengan biaya energi yang rata-rata 1/3 dari biaya pemanasan air dengan menggunakan pemanas air listrik, sebuah pemanas air tenaga surya adalah pilihan yang terbaik bagi anda. Ini adalah juga sebuah keputusan investasi yang cerdas, bagi kepentingan rumah tangga anda, maupun untuk kepentingan pelestarian lingkungan hidup di sekitar anda. Sebagai gambaran umum saja, biaya investasi anda akan kembali dalam waktu tiga sampai lima tahun saja.
Pemanas air tenaga surya Delta Sun® adalah sebuah sistem yang mengurus dirinya sendiri (a self-sufficient system). Tidak bergantung pada tenaga listrik, pemanas air solar Delta Sun® memberi anda sebuah realitas bahwa biaya pemanasan air anda tidak akan pernah meningkat. Pemanas air kami memungkinkan anda untuk tetap menikmati air panas, termasuk dalam situasi di mana aliran listrik sedang padam-pun.
Pemanas air sebenarnya lebih banyak macamnya dari gas dan listrik. Berikut panduannya:

• Pemanas air listrik: Bentuknya kecil dan mudah dipasang. Memanaskan air secara konstan (tipe baru yang lama agak memakan waktu dan tabungnya besar), dan pemakaian listriknya +/- 400 – 600 watt. Model terbaru bahkan lebih murah biaya operasionalnya dibanding gas. Harganya juga relatif murah. Kelemahanya, bila tekanan air kurang, maka air menjadi sangat panas dan tidak stabil. Bila ada kerusakkan, perlu penggantian element listrik.

• Pemanas air gas: Bentuknya sedikit lebih besar dari pemanas air listrik. Namun masih bisa di pasang di kamar mandi. Tipe ini dianggap paling irit karena pemakaian gas sangat irit dan harga gas tabung juga tidak terlalu mahal. Karena konsep kerjanya seperti kompor gas dirumah, penggunaannya menimbulkan panas. Sehingga bila diletakkan didalam kamar mandi, maka kamar mandi menjadi panas. Bila tekanan air berkurang, maka otomatis api mengecil untuk mengurangi panas air. Harganya ada yang murah dan ada yang mahal pula. Kisaran Rp. 500 ribuan sudah bisa mendapatkan yang bagus.

• Pemanas air tenaga matahari: besar dan harus diletakkan diatap rumah. Untuk pemakaian normal dengan air ledeng(bukan sumur) daya tahannya cukup baik. Namun bila ada kerusakkan, biaya perbaikannya lebih tinggi dibanding kedua pemanas lainnya. Harga awalnya pun merupakan yang tertinggi dari segala jenis pemanas.

• Pemanas air tenaga compressor AC. Pemanas jenis ini hanya bisa digunakan bila anda memiliki AC jenis split dengan ukuran 1 PK. Prinsip kerjanya pada saat AC menyala, compressor AC menekan freaon sehingga berbentuk cair. Kemudian Freon dialirkan ke evaporator yang mana di evaporator Freon menyerap panas yang ada diudara sehingga menjadi gas dan bersuhu tinggi. Panas yang dihasilkan ini disalurkan kedalam bak penampungan air sehingga air dipanaskan hingga mencapai 70°C. Pemanas jenis ini menggunakan tangki penampungan yang cukup besar namun tetap dapat diletakkan didalam rumah. Sedikitnya diperlukan penggunaan AC selama 1 jam/hari. Pemanasnya sendiri tidak menggunakan tenaga listrik atau gas sama sekali. Namun tenaga listriknya digunakan untuk menyalakan AC selama 1 jam/hari. Harganya agak mahal, lebih tinggi dari listrik dan gas, tapi lebih murah dari pemanas tenaga matahari.

Water heater terdapat 3 jenis. Perbedaan tersebut dilihat dari cara memanaskan airnya.
Water heater dari listrik. Pemanas air jenis ini memiliki resiko bahaya lebih besar daripada jenis lainnya, karena jika salah cara mengunakannya, dapat menyetrum si pengguna. Namun untuk menghindarkan kesetrum, bisa dipasang anti kontak pada water heater.
Water heater dari gas. Jenis water heater ini menggunakan tabung gas untuk memanaskan air, dan lebih aman digunakan dibandingkan water heater dari listrik. Namun memerlukan waktu beberapa menit untuk mengubah air menjadi panas.
Water heater solar cell yaitu pemanas air menggunakan energi panas matahari, dimana panas matahari di simpan yang kemudian digunakan untuk memanaskan air, dan dipasang diatap rumah. Memang dibandingkan kedua jenis water heater diatas, water heater solar cell paling aman. Namun kekurangannya, jika cuaca mendung dan tidak ada matahari, air tidak menjadi panas. Untuk mengatasi hal tersebut, ada produsen water heater yang mendesain secara otomatis menggunakan listrik 1000 watt untuk memanaskan airnya. Harganya pun lebih mahal dibandingkan water heater listrik dan gas. Agar pemakaian listrik tidak terlalu boros, termostat water heater dapat diatur tidak terlalu panas, jadi water heater tidak nyala terus menerus.

AIRCON WATER HEATER WIKA - Memanaskan Air Dari AC

Bagi yang rumahnya ber-AC dan ingin menikmati air panas tanpa menambah biaya gas atau tagihan listrik, bisa mencoba Wika aircon water heater (AWH). Produk ini memanfaatkan energi panas AC untuk memanaskan air. "Jadi, tak perlu pasang pemanas air listrik atau gas, Anda bisa dapat air panas," kata Hinsa Mei Hutagalung, Direktur PT Wijaya Karya Intrade, produsen Wika AWH.

Biasanya suhu freon yang keluar dari kompresor AC dibuang pada kondensor. Dengan Wika AWH aliran panas itu dibelokkan dulu ke dalam tangki air dingin sebelum masuk ke kondensor. Terjadi kontak antara panas dan air dingin dalam heat exchanger berupa pipa spiral dalam tangki. Air yang semula dingin pun memanas. Sebaliknya suhu freon yang panas menurun.

Untuk memperoleh air panas AC harus menyala dulu. Bila ingin mendapat air panas pagi hari, AC dinyalakan malam sebelumnya selama empat jam. Split AC Wika AWH berdaya 900 watt dan memiliki bionizer untuk mencegah penyebaran bakteri. Hinsa menyebutkan, Anda cukup memakai listrik AC untuk penggabungan : AC-tangki pemanas ini sehingga sangat hemat listrik.

Lapisan luar tangki terbuat dari plat zincalum, lapisan dalam stainless steel. Tangki bisa dipasang secara horizontal atau vertikal tergantung tempat pemasangan. Disarankan tangki dipasang di atas outdoor unit dengan pipa penghubung mengarah ke atas guna menjaga kelancaran distribusi freon. Wika AWH tersedia dalam kapasitas 75 dan 100 liter. Harga Rp5 jutaan per paket termasuk pemasangan. Garansi tangki dan kompresor tiga tahun, heat exchanger dan spare part satu tahun.

Memilih Pemanas Air / Water Heater dengan bijak

”Kemana mencari pemanas air yang bagus, harganya bersaing dan hemat biaya energi?”
Mungkin satu pertanyaan diatas dapat mewakili pertanyaan umum dari banyak orang dalam memilih pemanas air. Dari sekian banyak merk dan tipikal alat pemanas air mengapa kita harus memilih WIKA SWH. Jelas karena WIKA SWH adalah produk anak bangsa yang diproduksi oleh BUMN menggunakan parts berkelas Internasional, sehingga selain kualitasnya yang dapat diandalkan, harganya pun sangat ”cocok” dengan masyarkat Indonesia Berikut beberapa point penting lain yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.
1. Keuntungan Ekonomis
  • Indonesia beriklim tropis dan matahari bersinar sepanjang tahun
  • Panas matahari adalah energi gratis yang mampu menggantikan konsumsi energi listrik ataupun gas pada pemanas air.
  • Sistem pemanas air sentral/terpusat pasti akan lebih efektif dan efisien
  • Umur ekonomis WIKA SWH diatas 12 tahun
  • Bandingkan dengan penggunaan pemanas air elektrik ataupun gas maka nilai biaya energi akan mampu menggantikan nilai investasi WIKA SWH (BEP berkisar 3 – 4 tahun)
  • Penampilan rumah menjadi prestisius
2. Keuntungan Kesehatan
  • Mandi dengan air hangat menciptakan kenyamanan
  • Mencuci dengan air hangat diyakini meningkatkan tingkat higienitas dan menghilangkan noda dan lemak
  • Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh lebih sehat dan segar.
  • Fungsi relaksasi pada berendam diair hangat
  • Ramah Lingkungan
  • Miningkatkan keharmonisan rumah tangga
3. Lebih Praktis dan Efisien
Satu tangki dapat menyuplai air panas ke beberapa tempat
Keuntungan lain :
  • Keamanan lebih terjamin
  • Gratis biaya energi
  • Perawatan lebih mudah
  • Tanpa setting awal
Tips Memilih Pemanas Air Elektrik

Memakai pemanas air atau yang lebih populer disebut dengan water heater saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan penting dalam rumah tangga. Memang, untuk memilih pemanas air yang ideal bagi kebutuhan dan biaya tidaklah mudah.

Berikut ini adalah tips bagi Anda untuk memilih pemanas air yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda :

  • Storage Water Heater (pemanas air yang menggunakan tabung penyimpan air)
Tipe ini (yang menggunakan tabung penyimpanan) adalah yang paling umum digunakan dan biasanya menggunakan listrik maupun gas sebagai sumber panasnya. Dan penggunaan gas biasanya lebih murah dibandingkan listrik.
Karena menggunakan tangki (storage), hal yang perlu Anda perhatikan adalah kebutuhan air yang akan digunakan dan semakin banyak berarti anda harus memilih tangki pemanas air yang lebih besar dan semakin besar tempat yang anda butuhkan untuk menaruh tangki pemanas air tersebut.
Kelebihan dari tipe ini adalah air panas akan tersedia setiap saat karena air di dalam tabung akan secara berkala dipanaskan tetapi di lain sisi, biaya listrik per bulan untuk tipe ini lebih besar di banding lainnya.

  • Tankless atau on-demand water heater
Tipe pemanas air ini tidak menggunakan penampung air tetapi langsung melakukan pemanasan melalui unit koil yang ada pada saat digunakan.
Kelebihan dari tipe ini adalah biaya listrik per bulan lebih kecil tetapi di lain sisi untuk mendapatkan panas yang cukup, daya listrik di rumah harus cukup besar.
Kekurangan dari tipe pemanas air ini adalah ketersediaan air panas tidak dapat selalu disediakan, terutama untuk pengguna yang ingin menggunakan air panas secara berkesinambungan dan dalam jumlah yang besar.

  • Solar Water Heater
Tipe yang satu ini memang paling hemat listrik karena menggunakan tenaga matahari sebagai sumber panas tetapi untuk harga alat ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan tipe lainnya.
Kekurangannya adalah pemasangan yang lebih rumit (diletakkan di atas atap rumah) dan panas yang dihasilkan akan tergantung dari panas matahari yang ada sehingga bila memungkinkan, pilihkan solar water heater yang mempunyai tenaga cadangan bila matahari sedang tidak “bersahabat”.
Secara keseluruhan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memasang pemanas air (water heater) di rumah Anda:
  1. Daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan pemanas air (water heater) secara optimal.
  2. Sejauh mana instalasi/ pemasangan dapat dilakukan, apakah harus membongkar bagian tertentu dari rumah anda.
  3. Tempat penyimpanan tangki (apabila menggunakan tangki).
  4. Tipe yang Anda pilih apakah dapat memenuhi kebutuhan air panas Anda.
  5. Tingkat panas maksimum yang dapat dihasilkan (biasanya untuk instant water heater tidak terlalu panas).
WATER HEATER-COMPACT

Lebih suka jenis water heater yang berkualitas tanpa kompromi? Pilihan pada unit water heater /pemanas air ACME 707 tipe Compact adalah sangat tepat. Dengan fitur yang hemat listrik dan air akan dapat menghemat tagihan-tagihan anda. Dilengkapi dengan stabiliser yang mampu mengatur tekanan air dan suhu yang dikehendaki.
Tipe Water Heater Compact memiliki bentuk yang halus, berkualitas dan penampilan luar yang sangat kompak sehingga menjadikan suatu kebanggaan setiap rumah modern.
Seperti tipe water heater/pemanas air ACME 707 lainnya, tipe water heater Compact ini juga memiliki standard kualitas internasional.
Spesifikasi Produk Water Heater
Tingkat Daya Listrik : minimum 660W*,200V-240V, 50/60Hz.AC
Diameter Inlet Air : diameter 15mm
Diameter Oulet Air : 1/2" BSP (drat luar)
Tekanan Air Minimum : 2.5 p.s.i.
Tekanan Air Maksimum : 8.0 p.s.i.
Tekanan Air yang direkomendasikan : 4.0 p.s.i.
Anti Siraman & Percikan Air : ada
Anti Panas Berlebihan : ada
Anti Tekanan Uap Berlebihan : ada
Temperatur Stabiliser Control : ada
ELCB : ada
Power Selector Control : ada
Chrome Massage Shower Head : Optional
Dimensi : 270 mm x 215 mm x 88 mm
Berat : 1.50 kg

WATER HEATER-ALPINE

Dengan fitur tambahan lampu indikator, unit water heater/pemanas air ACME 707 tipe Alpine menjadi pilihan sempurna bagi mereka yang mengutamakan perpaduan yang serasi antara fungsi water heater dan elegan.
Dengan bentuk water heater dan warna shower Chrome menjadikan tampilan lebih mewah dan menakjubkan, apalagi dilengkapi fitur jendela kaca kristal kecil dimana dapat dengan mudah si pengguna mengatur atau melihat angka untuk pengaturan tekanan air dan suhu yang diinginkan.

Spesifikasi Produk Water Heater
Tingkat Daya Listrik : minimum 660W*,200V-240V, 50/60Hz.AC
Diameter Inlet Air : diameter 15mm
Diameter Outlet Air : 1/2" BSP (drat luar)
Tekanan Air Minimum : 2.5 p.s.i.
Tekanan Air Maksimum : 8.0 p.s.i.
Tekanan Air yang direkomendasikan : 4.0 p.s.i.
Anti Siraman & Percikan Air : ada
Anti Panas Berlebihan : ada
Anti Tekanan Uap Berlebihan : ada
Temperatur Stabiliser Control : ada
ELCB : ada
Power Selector Control : ada
Indikator overheat : ada
Chrome Massage Shower Head : ada
Dimensi : 295 mm x 220 mm x 90 mm
Berat : 1.60 kg

WATER HEATER-PROTEK TITANIUM

Water Heater dengan bentuk shower yang elegan & lux dan diciptakan khusus untuk unit water heater/pemanas air ACME 707 tipe Protek Titanium yang baru menjadikan pilihan sempurna bagi mereka yang eksklusif.
Bentuk water heater premium shower yang lebih lebar dengan nuansa seperti air hujan yang jatuh dari langit sangat cocok bagi mereka yang memerlukan rileks setelah bekerja sehari penuh dengan ketegangan. Water heater ini dikombinasikan dengan fitur 4 buah lampu indikator menambah keyakinan akan kenyamanan bermandi bagi penggunanya.
Water Heater tipe Protek Titanium juga didukung dengan Heating Element yang berlapiskan Titanium yang memiliki kemampuan panas yang luar biasa maksimal dan menjadikannya sebagai unit water heater/pemanas air yang berkualitas lebih tinggi. Sangat sesuai untuk rumah modern dengan desain yang eksklusif.

Spesifikasi Produk Water Heater

Tingkat Daya Listrik : minimum 660W*,200V-240V, 50/60Hz.AC
Diameter Inlet Air : diameter 15mm
Diameter Outlet Air : 1/2" BSP (drat luar)
Tekanan Air Minimum : 2.5 p.s.i.
Tekanan Air Maksimum : 8.0 p.s.i.
Tekanan Air yang direkomendasikan : 4.0 p.s.i.
Anti Siraman & Percikan Air : ada
Anti Panas Berlebihan : ada
Anti Tekanan Uap Berlebihan : ada
Temperatur Stabiliser Control : ada
ELCB : ada
Power Selector Control : ada
Indikator overheat : ada
Chrome Massage Shower Head : ada
Dimensi : 340 mm x 222 mm x 90 mm
Berat : 1.70 kg
PEMANAS AIR



Water heater merupakan kebutuhan mandi dengan menggunakan gas lpg, alat ini sangat irit bahan bakar, tanpa listrik.
Spesifikasi:
* Gas water heater
* Type Of Gas : LPG
* Qty 0ne set
* G.W 6.2 Kg
* N.W 5 Kg
* Meas (cm) 52.5x32.5x17.5

Accsesories:
* Manual 1set
* Shower 1pc
* Long soft pipe 1pc
* Short soft pipe 1pc
* Scew (sealed ring) 1pouch


HEATER PENGHANGAT

(Gambar)
Model: RESUN RISING HEAT 9000 series
(klik "gambar" untuk memperbesar gambar)

Fitur:
~ Elemen pemanas spiral memberikan distribusi panas yang lebih merata
~ Indikator diatas untuk mengatur temperatur ideal di akuarium
~ Terdapat 7 type pilihan untuk disesuaikan dengan ukuran akuarium

Power: 50W
Aquarium Size: Max. 30 Liter
Dimension: Ø 31 x 285mm

Power: 75W
Aquarium Size: Max. 60 Liter
Dimension: Ø 31 x 285mm

Power: 100W
Aquarium Size: Max. 90 Liter
Dimension: Ø 31 x 285mm

Power: 150W
Aquarium Size: Max. 150 Liter
Dimension: Ø 31 x 320mm

Power: 200W
Aquarium Size: Max. 300 Liter
Dimension: Ø 31 x 320mm

Power: 250W
Aquarium Size: Max. 450 Liter
Dimension: Ø 31 x 360mm

Power: 300W
Aquarium Size: Max. 600 Liter
Dimension: Ø 31 x 360mm






West Bend 100 cups

Aluminium yang dipoles pasu dirancang untuk prasmanan meja, kantor, gereja, ruang istirahat, lounge dan kafe. Pemanas logam ini juga fitur karet kaki untuk non-slipping, auto temperature kontrol dan cepat referensi petunjuk panel.

* 220/240 Volt
* 100 Cup - 16 Liter kapasitas
* Eksterior dipoles aluminium
* Nilai komersial
* Semua logam konstruksi
* 3-cabang beralasan kabelnya
* Pembersihan alat termasuk
* Sinyal cahaya dan On / Off switch
* Non-meleler kran
* TM disetujui
* Made in USA
* 1 tahun garansi

Karton Keterangan:
Pack Qty 1 | Berat 10,3 lbs. / 4,64 kg. | Cube 2,36

Dimensi karton: L14.3 x W14.3 x H19.9 in


Pemanas Air Tanpa Biaya Listrik

Konsep Baru Hemat Energi, Hemat Uang, Air Panas Gratis.

Water Heater Bebas Energi (sama sekali tanpa listik, gas atau solar).Wika Aircon Water Heater yang terkenal dengan Merk "WIKA AWH" diciptakan untuk memberikan solusi tersebut.

Produk ini sangat di rekomendasikan untuk memperkecil Biaya Perusahaan, Hotel, Rumah Sakit, Industri, Salon, whierlpool, Kost, Rumah Makan, Dapur mupun Rumah Tinggal/Apartment

Prinsip kerja dari "AWH" adalah memanfaatkan panas buangan dari Outdoor AC. Cukup dengan menyalakan AC -/+ 3 jam sehari akan tersedia air panas yang tersimpan dalam tabung isolator(sperti Thermos) yang akan tahan berhari-hari.
Manfaat lain yang didapat adalah mengoptimalkan sistim pendingin kipas elekrik di outdoor AC, menjadi tenaga gas refrigerant di kondensor, menurunkan dan beben kerja kompresor akan berkurang sehingga konsumsi listrik menurun, biaya listrik dapat di hemat (15%).

->Hemat Uang
Sumber eerginya gratis yakni energi panas yang dibuang dari sitem AC dan menghasilkan suplai air panas yang tidak terbatas..
->Daya Tahan
Terbua dari Stainlees steel memperpanjang daya tahan tangki.
->Aman
Proses yang sehat di dalam tangki yang tidak membutuhkan listrik atau gas sehingga anda terhindar dari sengatan litrik maupun kebocoran gas..
->Aneka Model/Tipe..
Tersedia dua posisis instalasi baik Vertikal dan Horisontal.
Gratis Perarawatan/ Pemeliharaan

Kapasitas : 100 Liter s/d 2500 Liter
Temperatur Air (Max) : 80'C
Material Cover : Zincalume
Material Tangki Dalam : Stainless Steel
Material Isolasi : Polyurethane
Tekanan Kerja : 4 Bar
Berat Tangki Kosong : (100lt) 35kg,
Berat Tangki Isi : (100lt) 135kg.
Diameter : (100 lt) 48 cm.
Panjang : (100 lt) 92 cm.
Posisi Pasang : Verikal Atau Horisontal.

No comments:

Post a Comment