Kamis, 24 Desember 2009

BAHAN BANGUNAN

BETON

Kelebihan :

a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.

Kekurangan :

a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.


BAJA

Kelebihan :
 Kuat tarik tinggi.
 Tidak dimakan rayap
 Hampir tidak memiliki perbedaan nilai muai dan susut
 Bisa di daur ulang
 Dibanding Stainless Steel lebih murah
 Dibanding beton lebih lentur dan lebih ringan
 Dibanding alumunium lebih kuat

Kekurangan :
 Bisa berkarat.
 Lemah terhadap gaya tekan.
 Tidak fleksibel seperti kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profile

KAYU

Kelebihan :
 Bahan Alami yang dapat diperbaharui
 Kuat tarik yang tinggi
 Dapat dibuat dengan berbagai macam desain dan warna.
 Memberi efek hangat.
 Bahan penyekat yang baik pada perubahan suhu di luar rumah.
 Dapat meredam suara.

Kekurangan :
 Mudah menyerap air.
 Mudah mengalami kembang-susut
 Kurang tahan terhadap pengaruh cuaca.
 Rentan terhadap rayap.

UAS PLSBT

Nama : Hendi Sidauruk
NIM : 0707078
Prodi : Pendidikan Teknik Bangunan ( PTB )
Dosen : Drs Cik Suabuana, M.Pd
Kode Dosen : 1144
Email : ciksuabuana@yahoo.co.id
Mata kuliah : Pendidikan Lingkungan Sosial dan Budaya(PLSB)

JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER

1. Jelaskan apa yang melatarbelakangi lahirnya mata kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi ?

Jawaban :

Lahirnya PLSBT dilatarbelakangi oleh kompleksnya masalah lingkungan, masalah sosial, masalah budaya, dan masalah yang ditimbulkan oleh efek ilmu dan teknologi. Sumber masalah tersebut bukan berasal dari faktor tunggal. Banyak dimensi dan aspek lain yang menyebabkan timulnya masalah tersebut. Masalah-masalah yang timbul tersebut telah banyak dibicarakan dan dibahas, tapi pemecahan ini secar parsial(sebagian) dan tidak utuh. Oleh karena itu lahir lah mata kuliah PLSBT, permasalahan lingkungan, sosial, budaya, dan teknologi tidak hanya didekati dari segi pencarian alternatif pemecahan permasalahnnya saja, tetapi juga dari segi pendidikan (pendidikan PLSBT) yang akan ditanamkan kepada mahasiswa. Dengan demikian PLSBT berfungsi untuk merekat dan melahirkan kebersamaan dalam hal memecahkan masalah-masalah dalam berbagi disiplin ilmu.




2. a. Apa perbedaan antara sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder ?

Jawaban :
Sosialisasi primer ( primary socialization ) adalah sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil,melalui mana dia menjadi anggota masyarakat sedangkan sosialisasi sekunder ( secondry socialization ) adalah sebagai proses berikutnya yang memperkenalkan individu yang telah disosialisasi ke sector baru dari dunia obyektif masyarakatnya.

b. Bagaimana pola – pola sosialisasi itu ? jelaskan !

Jawaban :
Pola sosialisasi ada dua yaitu : pola yang represi ( dengan kekerasan/ hukuman ) artinya bahwa pada penggunaan hukuman terhadap kesalahan,dengan cirri penekanan pada penggunaan materi dalam hukuman dan imbalan,penekanan pada kepatuhan anak pada orang tua dan keluarga sebagai signifant other, dan pada pola partisipatori ( partisipasi ) dimana anak diberi kebebasan penekanan diletakkan pada interaksi dan keluarga menjadi generalized other.

c. Banyak kasus yang muncul di masyarakat belakangan ini, diantaranya kasus bunuh diri pada anak – anak. Analisis oleh Anda kasus tersebut dilihat dari konsep sosialisasi dan konsep lainnya yang mendukung !

Jawaban :
kasus bunuh diri terjadi karena terjadi kesalahan dalam proses sosialisasi yang dialaminya terutama sosialisasi primer dan sekunder. Kesalahan dalam sosialisasi ini akan menyebabkan anak tertekan dan akan mengalami perang batin sehingga memutuskan cara untuk bunuh diri untuk menyelesaikan masalahnya. Di samping itu juga pola sosialisasi sangat berperan dalam masalah ini. Jika hanya pola represi yang diterapkan maka anak akan menjadi tertekan namun jika pola sosialisasi yang diterapkan hanya pola partisipator saja maka akan membuat anak kebingungan dan menyalahgunakan kebebasan yang telah diberikan. Maka antara pola represi dan pola partisipasi haruslah ada keseimbangan.

3. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat multicultural, namun sekarang ini sering muncul berbagai konflik horizontal. Jelaskan mengapa masalah perbedaan kultur, agama, atau etnik muncul sebagai sebuah konflik ?

Jawaban :
Untuk menyikapi masalah tersebut ada beberapa teori yang menunjukkan penyebab konflik tersebut terjadi, antara lain :

 Teori hubungan masyarakat, memiliki pandangan bahwa konflik yang sering muncul di tengah masyarakat disebabkan polarisasi yang terus terjadi, ketidakpercayaan dan permusuhan diantara kelom[ok yang berbeda, perbedaan bisa dilatarbelakangi SARA bahkan pilihan ideology politiknya.
 Teori identitas yang melihat bahwa konflik yang mengeras di masyarakat tidak lain disebabkan identitas yang terancam yang sering berakar pada hilangnya sesuatu atau penderitaan masa lalu yang tidak terselesaikan.
 Teori kesalahpahaman antar budaya, teori ini melihat konflik disebabkan ketidakcocokan dalam cara – cara berkomunikasi diantara budaya yang berbeda.
 Teori transformasi yang memfokuskan pada penyebab terjadi konflik adalah ketidaksetaraan dan ketidakadilan yang munculsebagai masalah sosial budaya dan ekonomi.

Hal ini juga disebabkan oleh sifat dasar yang selalu dimiliki oleh masyarakat majemuk sebagaimana dijelaskan oleh Van de Berghe :
a) Terjadinya segmentasi ke dalam kelompok – kelompok yang sering kali memiliki kebudayaan yang berbeda.
b) Memiliki struktur sosial yang terbagi – terbagi ke dalam lembaga – lembaga yang bersifat non – komplementer.
c) Kurang mengembangkan consensus di anatara para anggota masyarakat tentang nilai – nilai sosial yang bersifat dasar.
d) Secara relative sering kali terjadi konflik di antara kelompok yang satu dengan yang lainnya.
e) Secara relative integrasi sosial tumbuh di atas paksaan dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi.
f) Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain.

4. Kemajuan dalam dunia teknologi dan informasi telah menimbulkan perubahan yang sangat besar dalam masyarakat kita. Contohnya tayangan televisi menimbulkan perubahan dalam pola kegiatan manusia sesuai dengan jam tayang. Perubahan komunikasi dan interaksi manusia akibat mobile phone dan banyak lagi kasus lainnya. Jelaskan dan analisis oleh anda perubahan social yang diakibatkan oleh kemajuan dalam bidang informasi teknologi !

Jawaban :
Perubahan sosial merupakan gejala yang melekat disetiap masyarakat. Perubahan – perubahan yang terjadi di dalam masyarakat akan menimbulkan ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang ada di dalam masyarakat, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak sesuai fungsinya bagi masyrakat yang bersangkutan. Perubahan sosial dalam bidang teknologi informasi contohnya penggunaan internet mengakibatkan lebih mudah dan cepat mendapat informasi sehingga memperlancar dalam bidang pekerjaan dan pendidiakan. Dalam bidang pendidikan siswa ataupun mahasiswa tidak hanya terpaku oleh buku saja sebagai sumber namun bisa mencari artikel dan jurnal melalui internet. Jadi kemajuan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia untuk melakukan segala aktifitasnya. Dengan prinsip menggunakan alat teknologi itu sesuai dengan fungsinya yang baik dan benar.

5. Mengapa pembangunan di Negara kita tidak selalu berjalan mulus bila dikaitkan dengan masalah budaya / mentalitas bangsa?

Jawaban :
 Karena adanya faktor- faktor budaya atau sikap mental yang menghambat proses pembangunan baik yang bersifat psikologis, persepsi yang keliru, tradisi dan sikap mental yang tidak mendukung.
 Kurangnya perhatian atau pengawasan Pemerintah terhadap pembangunan - pembangunan yang ada di Negara ini sehingga dapat meningkatkan suatu perubahan yang mendasar.
 Kurangnya dukungan masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan yang berhubungan dengan pembangunan itu sendiri.

6. Ambil salah satu kasus perselisihan perburuhan yang bisa anda ambil dari sumber media masa atau internet. Analisis kasus tersebut dengan pendekatan multiaspek dan metode kwantitatif !

Jawaban :
Contoh kasus : Demonstrasi buruh menuntut kenaikan upah atau gaji.
Dilihat dari Pendekatan multiaspek :
 Faktor ekonomi : bahwa meningkatnya harga sembako yang membuat kehidupan sehari – hari terancam.
 Faktor psikologi : ada masyarakat yang telah terpenuhi kebutuhannya hanya ingin kepuasan tersendiri untuk ikut berdemo dan juga bahwa adanya persaingan kemewahan yang ingin memegahkan diri di sekitar lingkungan masyarakat.
 Faktor hukum : penegakan keadilan yang belum setara terhadap para pekerja buruh.
Metode kwnatitatifnya berupa pengajuan angket.
1.Apakah harga merupakan hal yang utama dalam kebutuhan?
a.Ya b.Tidak c. ……..
2.Apakah kekayaan penentu dalam setiap kehidupan?
a.Ya b.Tidak c. ……..
3.Apakah hukum di Negara kita tengtang keadilan hidup manusia telah berhasil tuntas ?
a.Ya b.Tidak c. …….
4.Apakah buruh di Negara kita itu perlu mendapatkan perlindungan HAM ?
a.Ya b.Tidak c. ……

7. Budaya gotong rotong tidak selalu bernilai positif, bahkan dikatakan sebagai salah satu mentalitas yang menghambat pembangunan. Mengapa? Jelaskan budaya atau mentalitas apa lagi saja yang bisa menghambat pembangunan!


Jawaban :
Karena budaya gotong royong tidak selalu diperlukan dalam pembangunan sehingga ada saatnya budaya gotong royong bisa menghambat proses pembangunan. Contohnya gotong royong dalam korupsi sangat tidak dibenarkan dan menghambat pembangunan. Perlunya ditingkatkan sosialisasi yang baik bila adanya sebuah gotong royong di lingkungan masyarakat dan sekitarnya


8. Bagaimana pendapat anda, cara untuk mengembangkan kebudayaan Indonesia!

Jawaban :
Sebelum membahas tentang cara mengembangkan perlu kita ketahui dahulu pengertian kebudayaan itu sendiri.
1. Menurut Koentjaraningrat, bahwa kebudayaan itu adalah keseluruhan system gagasan,milik diri manusia dengan belajar
2. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, mengatakan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
3. Menurut Herkovits, kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan manusia.
Dari berbagai pengertian di atas, menurut saya bahwa kebudayaan itu merupakan keseluruhan aspek hidup manusia baik material maupun non – material.

Dengan cara memanfaatkan perkembangan IPTEK yang telah maju dan melebarkan jaringan komunikasi bagi masyarakat yang telah tertinggal atau terasing. Dengan terlebih dahulu mengatasi hambatan-hambatan dalam pengembangan kebudayaan seperti etnosentrisme dan lainnya.
Dengan cara meningkatkan kebudayaan yang ada di Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di Negara lain semakin indah dimana berbagai suku dengan kebudayaan yang berbeda yang kita miliki, kita bangga menjadi warga Indonesia.
Dengan cara meningkatkan sumber daya alam yang kaya yang kita miliki,kita mampu mengolah segala yang ada.




9.Teknologi merupakan terapan dari ilmu, dan keduannya memerlukan sentuhan nilai nilai seni dalam aplikasinya, mengapa?

Jawaban :
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu ( dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya ). Karena dengan adanya sentuhan-setuhan nilai seni teknologi berkembang dengan baik, indah dan bermutu. Adanya seni membantu proses pengembangan teknologi kearah yang lebih maju sesuai dengan selera masyarakat. Pengetahuan dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan manusia. Hal ini karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan :
 Tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah.
 Meningkatkannya kemakmuran materi dan kesehatan masyarakatnya.
Hal itu mendapat dukungan dari masyarakat untuk meningkatkan sebuah teknologi yang menjamin sebuah teknologi harus diperhatikan.

10. Berilah contoh dan jelaskan dampak penyalahgunaan IPTEKS oleh manusia!

Jawaban :
Contoh 1

Penggunaan internet tidak sesuai dengan fungsinya.
Dampak positif yang kita dapat adalah kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet, selanjutnya dampak negatife yang ditemukan yaitu :
• Merosotnya mental pendidikan anak yang belum tahu betul penggunaan internet dengan baik yang bisa menghambat pertumbuhan anak.
• Kurangnya minat siswa atau mahasiswa untuk membaca buku yang ada yang mengakibatkan terjadinya copy paste dalam pengerjaan tugas – tugas.
• Merusak pikiran manusia tentang adanya gambar – gambar dan film – film pornografi.

Contoh 2

NUKLIR
Meledaknya bom di Hirosima dan Nagasaki mengakhiri Perang Dunia II. Akhirnya untuk menghentikan kekejaman, penghancuran, dan perusakan. Pada waktu itu banyak korban berjatuhan, tetapi kejadian tidak berhenti disitu, karena radiasi akibat senjata nuklir masih dapat dirasakan sampai sekarang. Penyebabnya adalah debu – debu radioaktif yang berasal dari bom nuklir serta reactor – reactor atom. Bahaya yang ditimbulkan adalah radiasi yang ditimbulkan oleh sinar alpha, beta, dan gamma, serta partikel neutron kainnya hasil pembelahan inti. Efek yang ditimbulkan oleh radioaktif adalah terjadinya perubahan struktur zat serta pola reaksi kimianya, sehingga merusak sel tubuh. Bila hal ini terjadi pada gen maka gen akan menyebabkan terjadinya mutasi gen yang berakibat kanker.

Contoh 3
Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca ini disebabkan oleh adanya pencemaran udara yang banyak mengandung zat – zat yang dapat mengubah suhu udara. Karena dengan adanya pencemaran udara akan menyebabkan pemanasan global, yaitu adanya efek rumah kaca. Yang dimana dengan adanya efek rumah kaca ini sinar ultra violet yang dapat membahayakan manusia tidak akan disaring lagi oleh lapisan ozon, sehingga akan langsung menuju bumi dan selanjutnya akan diam dan bersirkulasi di bumi, begitu seterusnya.
Masih banyak contoh lain seperti polusi dan klonasi / kloning.




KATA TERIMAK KASIH

Selaku saya sebagai mahasiswa mengucapkan terima kasih kepada Bapak Drs.Cik Suabuana,M.Pd selaku dosen Pendidikan Lingkungan Sosial dan Budaya ( PLSBT ), yang telah baik dan selalu bersemangat memberikan pengajaran bimbingan perkuliahan tentang kehidupan. Saya banyak mendapat pembelajaran yang memberikan pengembangan pemikiran tentang pemecahan masalah. Semoga ilmu yang diberikan Bapak dapat saya terapkan di kehiduapn sehari- hari dan bagi masyarakat.

Selasa, 03 Februari 2009

judul lagu aku

* aku menginginkanmu
* aku adalah pangeranmu
* mencari cintamu
* lepaskan aku
* walau kau pergi
* hanya dalam mimpi
* taman cinta kita
* aku hanya ingin

doain yah moga sukses...

Senin, 02 Februari 2009

tHank's bgt Tuhan..

aku bersyukur Ama Tuhan..akhirna doaku di terima..

akhirnya cintAku kembali..
maksih Tuhan dah mengetuk hati dia untuk aku..

moGa dia bisa ngertiin aku ampe slamanya..

aku sayank bgtttt...ama Dia....

akU cinta kamu...

luv u

AKU bUtuh personil Band...

aku punya lagu indonesia 10 buah..

aku pengen buat band ama teman2 yang mau...
tapi yang pasti pandai main alat music yang dia tau..

aku butuh..

- pemain keyboard
- gitar melody
- gitar ritem
- bass
-kalo ada tambah biola..

mOga sukses dech...

aku tunggu yah...

Rabu, 28 Januari 2009

Percayalah satu cinta

Rasa rindu selalu terpendam di saat kita berjauhan....
rasa cinta yang terdalam sulit ditemukan.....
tapi sebuah mimpi yang indah
saat kita merasakan dia ada di samping kita..

kejujuran adalah satu kunci untuk jalani hubungan yang baik
ketulusan memberikan jalan yang terbaik
kecurigaan membuat satu masalah yang sangat pusing
tapi kepercayaan yang abadi saat kamu memegang janji dia...

ku berikan satu cinta yang tulus
satu rasa yang indah
ku simpan dalam hatiku yang paling dalam..

sayang jangan biarkan cintaku menghilang
percayalah..

Rasa di hati

Sulit kutemukan sata makna cinta
cinta itu datang dengan penuh perasaaan
tetapi pergi tanpa ada alasan

jauh ku manatap bintang,
tapi sungguh terasa indahnya di malm hari
membuat hati ku slalu bahagia


cinta itu memang buta
cinta itu memang gila
cinta itu memang indah...
kita tahu semua itu karna hanya dengan perasaan kita..


andaikan dia bisa sperti bintang yang slalu bersinar
mungkin ku temukan sesuatu yang beda dalam hidup ini
segala rasa menangis,sedih,malaz bisa hilang...

ntar aku punya lagu sendiri judulnya " walau kau pergi.."
ntar terakhir aku melampirkan dlam blog ini...

terima kasih

Sabtu, 24 Januari 2009

akaN tercipta


suatu Saat aku bermimpi menjadi seorang penyanyi...tapi itu smua hanya angan - angan semata. aku suka menciptakan lagu. Tentang perasaan yang kumiliki,tentang teman - teman yang di rasakan... Aku selalu mengungkapkannnya dalam sbuah puisi yang menjadi kenangan dalam hidup aku.

Napa yah kalo kita gak ada teman,rasanya aku tuh sedih bangat. gak berdaya, Malas, pokoknya suntuk dech..

ntar aja deh aku pengen buat album lagu yang ku ciptakan..
mudah - mdahan kalian suka..


Selalu Ada...


Hidup selalu ada..
jiwa dan raga selalu satu..
tak kusadari hidup ini akan selalu ada tantangan..
jagalah dan rawatlah hidupmu..